GALERY

Senin, 14 Agustus 2017

TES OBJEKTIF DAN SKALA-SKALA



Obyektivitas dan Metode Obyektif Observasi
            Obyektivitas, yakni cirri terpentingg dan hakiki dalam metologi ilmiah, mudah didefinisikan tetapi jelas-jelas sulit dipahami. Ia pun bersifat kontroversial. Obyektivitas adalah kesepakatan antara berbagai penilaian ahli mengenai hal yang terobservasi. Metode obyektif ialah yang meminta siapapun mengikuti aturan-aturan yang telah digariskan, dan kemudian menerapkan angka-angka yang sama pada obyek-obyek serta himpunan-himpunan obyek seperti yang diterakan oleh orang lain.
Definisi Tes dan Skala
            Tes adalah prosedur sistematis ketika individu yang diuji dihadapkan pada sehimpunan stimuli buatan untuk ditanggapi. Skala adalah sehimpunan lambing atau angka yang disusun dengan cara tertentu sehingga symbol atau angka itu dengan aturan tertentu dapat diberikan kepada individu yang terhadapnya skala itu dikenakan.
Jenis Ukuran Obyektif
1.      Tes kecerdasan dan bakat
2.      Tes prestasi
3.      Skala sikap
4.      Skala nilai
5.      Berbagai ukuran obyektif lainnya
Indikator Sosial dan Pendidikan
            Indicator social adalah nama yang dikaitkan dengan bidang minat baru yang cukup penting bagi peneliti behavioral. Indicator mempunyai dua arti yaitu statistic yang mencerminkan kondisi-kondisi social, dan indicator mencakup semua perunjuk tentang perubahan teknologis dan social.
Jenis Skala dan Butir Obyektif
1.    Butir- butir sepakat dan tak sepakat
2.    Butir dan skala ukuran peringkat
3.    Butir dan skala pilihan paksa
4.    Ukuran ipsatif dan normative
Memilih dan Menyusun Ukuran Obyektif
            Satu diantara pekerjaan-pekerjaan paling sulit bagi peneliti behavioral yang dihadapkan pada keharusan untuk mengukur variable ialah menemukan arah ditengah-tengah sekian banyak ukuran yang telah ada. Jika sudah ada ukuran yang baik untuk sesuatu variable tertentu.
Penaksiran Prestasi Tes Kriteria dan Referensi
            Gagasan tentang pengujian criteria- referensi ini bermula dari gagasan lama tentang pelajaran penguasaan gagasan mengenai penguasaan oleh individu atas tujuan instruksional dan pembelajaran yang telah ditentukan.

Sumber:
Sarwono, Jonathan. 2006. METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar